Bisnis  

6 Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Strategi Pemasaran Online

Berkembangnya teknologi saat ini membuat segalanya terasa jauh lebih mudah. Seperti halnya dalam memasarkan produk bisnis. Bagi pelaku bisnis yang mau menggapai sukses seperti Anda, tentu perlu menerapkan strategi pemasaran online.

Selain mudah dilakukan, strategi pemasaran secara online juga jauh lebih menghemat waktu dan anggaran. Hasilnya juga jauh lebih efektif karena mampu menjangkau target audiens secara luas. Bayangan keuntungan pastinya selalu hadir di depan mata.

Strategi Pemasaran Online

Pemasaran online atau yang juga familiar dengan sebutan digital marketing adalah teknik pemasaran terbaru dan bermodalkan internet. Karena memanfaatkan teknologi canggih seperti ini, tidak heran jika pemasaran seperti ini mampu menjangkau target ke seluruh dunia.

Bahkan hanya di depan komputer saja, Anda tetap bisa mendatangkan banyak keuntungan. Hanya saja gunakan strategi yang tepat agar nantinya usaha Anda tidak akan sia-sia. Lalu, seperti apa strategi pemasaran secara online tersebut?

SEO (Search Engine Optimization)

SEO sangat penting dalam melakukan pemasaran secara online. Hal ini juga sudah banyak diterapkan oleh para profesional marketing dan entrepreneur. SEO nantinya akan membuat produk yang ditawarkan begitu mudah dijangkau banyak kalangan. Pemasaran bisa menjadi jauh lebih tertarget dengan baik.

SEM (Search Engine Marketing)

Agar bisa mendapatkan jauh lebih banyak konsumen produk yang ditawarkan, maka sebaiknya gunakan juga metode SEM. Strategi ini diharapkan mampu membuat bisnis Anda mampu menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian Google. Target pasar Anda juga akan semakin lebih spesifik.

SMM (Social Media Marketing)

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan strategi SMM. Anda dapat mengembangkan sosial media yang dimiliki sesuai dengan bisnis maupun produk bisnis yang Anda tawarkan. Cobalah lakukan promosi melalui Instagram, Facebook, Twitter, kanal Youtube, TikTok dan lainnya.

PPC (Pay Per Click)

Strategi pemasaran seperti ini sebetulnya cukup mirip dengan SEM. PPC memungkinkan pengenaan biaya ketika mengklik halaman atau situs tertentu. Sejauh ini, PPC menjadi salah satu platform periklanan yang sangat populer dan cukup banyak digunakan. Salah satunya ialah Google Adwords.

Email Marketing

Strategi pemasaran online berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah email marketing. Strategi ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang sudah mengumpulkan database dari para customer sebelumnya. Cobalah gunakan fitur email blast agar bisa mengirim email promosi langsung ke customer Anda.

Affiliate Marketing

Terakhir adalah affiliate marketing. Ini merupakan strategi pemasaran yang memungkin berbagai pihak untuk melakukan kerjasama. Misalnya, Anda ingin melakukan promosi bisnis yang bekerjasama dengan para Youtuber maupun blogger. Cara ini juga tidak kalah efektif diterapkan.

Teknik Pemasaran Online dari Millenial

Sekarang adalah zamannya para millenial untuk bergerak dan mencapai goal mereka. Salah satunya lewat pemasaran online. Teknik pemasaran online dari kaum millenial tentu jauh kekinian dan bisa dicontoh dengan baik. Beberapa teknik tersebut diantaranya:

Menentukan Nama Brand

Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan nama brand atau merek yang mudah diingat. Semakin mudah brand diingat, maka semakin banyak orang yang membicarakan produk Anda nantinya. Cobalah membuat nama brand yang unik.

Tentunya saat ini Anda tidak asing dengan berbagai macam nama brand yang cenderung aneh dan tak biasa. Hal tersebut mudah diingat, bukan? Maka dari itu, apabila ingin memulai bisnis dengan pemasaran online disarankan untuk menggunakan nama brand yang aneh, bagus dan cenderung nyentrik.

Berikan Foto Bagus dan Menarik

Penting sekali memberikan foto produk dan brand secara bagus sekaligus menarik. Ingat, bahwa bagus belum tentu menarik. Sebab, strategi marketing online tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya visual.

Semakin menarik tampilan visual, tentu akan semakin banyak orang yang mengingat dan membicarakannya. Bahkan tanpa ada tulisan sekalipun, Anda tetap bisa memasarkan produk secara optimal.

Buatlah Akun Sosial Media

Di zaman maju seperti sekarang ini tentu pemasaran online kurang lengkap rasanya tanpa menggunakan platform sosial media. Mustahil rasanya bisa mendapatkan banyak perhatian dari para audiens ketika melakukan pemasaran online tanpa kehadiran sosial media.

Jangan lupa sesuaikan sosial media yang Anda buat dengan target pasar. Misalnya, target pasar Anda adalah orang-orang yang berada di kisaran usia 12 tahun ke atas. Maka dari itu, platform TikTok dan Instagram bisa menjadi media paling jitu untuk promosi produk Anda.

Berikan Promosi Istimewa

Memberikan promosi istimewa kepada para audiens tentu juga bisa menjadi strategi yang cukup jitu. Meskipun hal ini terdengar biasa saja, akan tetapi memberikan promosi istimewa cenderung akan diminati oleh banyak orang.

Contohnya, memberikan diskon pada tiap pembelian produk tertentu. Dengan demikian, maka hal ini bisa menarik banyak konsumen termasuk mereka yang masih baru. Berikan diskon secara berkala dan jangan lupa tetap menghitung keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

Teknik Marketing Online Termudah

Secara umum juga terdapat beberapa teknik atau strategi pemasaran online yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Beberapa teknik marketing online termudah yang bisa Anda terapkan dalam bisnis diantaranya:

Tentukan Proposisi Nilai Unik

Untuk mencapai target memuaskan dalam melakukan pemasaran online, maka penting sekali untuk menentukan proposisi nilai unik terhadap produk Anda terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna dalam menarik lebih banyak konsumen agar mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Terlebih lagi Anda harus memahami bahwa saat ini persaingan bisnis benar-benar begitu ketat. Jika tidak mahir, tentu akan kalah saing. Luangkan waktu Anda untuk mempelajari dan menguraikan lebih banyak tentang hal yang istimewa dari bisnis Anda dibandingkan para pesaing di luar sana.

Optimalkan Eksistensi Online

Dalam melakukan pemasaran online, Anda perlu senantiasa berfokus dalam melakukan analisa terkait kehadiran bisnis tersebut. Apalagi ketika melakukan pemasaran online Anda cenderung bisa jauh lebih menghemat waktu maupun biaya.

Untuk itu, cobalah untuk mengoptimalkan eksistensi bisnis Anda. Jika memang Anda memasarkan produk via halaman website, maka pastikan bahwa situs tersebut bisa dijangkau dengan sangat mudah oleh para audiens. Bila perlu Anda bisa meminta bantuan ahli optimasi website untuk menaikkan rangkingnya.

Senantiasa Membangun Komunikasi dan Interaksi Terbaik

Komunikasi dan interaksi menjadi penentu sukses atau tidaknya suatu bisnis. Termasuk ketika melakukan pemasaran online. Hal ini secara tidak langsung sangat efektif guna membangun kesadaran merek dan hubungan yang baik dengan target konsumen.

Pilihlah media mana yang sesuai dengan target konsumen. Misalnya, Instagram, Facebook, TikTok, Twitter dan sebagainya. Dengan menggunakan platform yang jauh lebih spesifik untuk bisnis, maka hal tersebut bisa berdampak baik bagi keberlangsungan bisnis Anda kedepannya nanti.

Strategi pemasaran online tentu ada begitu banyak macamnya. Mulai dari SEO, SEM, SMM, PPC hingga email marketing. Pilih salah satu atau beberapa diantara strategi tersebut dan dapatkan banyak keuntungan dari bisnis Anda. Jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu untuk target konsumen nantinya.